<![CDATA[KLIKRIO 2020 - DAILY STORY]]>Sun, 21 Jun 2020 06:17:00 +0700Weebly<![CDATA[Doa Bareng Virtual di Kantor]]>Tue, 26 May 2020 16:57:11 GMThttps://klikrio.com/daily-story/doa-bareng-virtual-di-kantorSurabaya, 26 Mei 2020]]><![CDATA[Halal Bi Halal Intern Yang Sangat Terbatas]]>Mon, 25 May 2020 11:37:40 GMThttps://klikrio.com/daily-story/halal-bi-halal-intern-yang-sangat-terbatas
Surabaya, 25 Mei 2020

2020 memang tahun yang unik ya, semua-muanya banyak aktivitas yang orientasinya di rumah. Mulai dari sekolah, kuliah, kerja, potong rambut (mungkin) sampai beribadah di rumah aja. Saya sendiri sempat mikir kalau abis puasaan ini wabah covid-19 reda dan semuanya kembali sehat. Tapi kenyataan belum bilang gitu yaaaa. Siap-siap "new normal" !

Karena orang-orang kantor pusat pada ngga mudik dan ngga bisa WFH (
Work From Home), yang emang kesehariannya kita masuknya piket. Karena kita di bidang pelayanan jasa tenaga kerja di beberapa RS yang terus siaga. Jadi ya kudu masuk. Tapi jam kerja lebih efisien. Wait, balik ke topik, kita beride gimana kalau adain shalat ied  bersama dan halal bi halal intern aja yang jumlahnya cukup 20an orang tapi tetap pakai masker dan physical distancing. Pada setuju semuanya.

Terjadilah halal bi halal intern yang sangat terbatas :

+ biasanya nyanyi 10 lagu lebih --> nyanyi cuma 5-6 lagu aja
+ biasanya pakai panggung dan live band --> cukup di dalam kantor dan pakai youtube karaoke aja
+ biasanya undangan 100an orang lebih --> cukup 20an orang aja
+ biasanya make up heboh *ups --> ketutupan masker, hehehe...

Tapi keterbatasan itu yang bikin kita bersyukur atas sehat dan masih bisa happy bersama. Karena kita yakin hati yang gembira adalah obat.

​Salam Happy :)
]]>
<![CDATA[Idul Fitri via Zoom]]>Sun, 24 May 2020 05:46:48 GMThttps://klikrio.com/daily-story/halal-bi-halalPicture
Surabaya 24 Mei 2020

Jadinya ya fix tetap di rumah saja. Nah kebetulan yang merayakan Idul Fitri di rumah cuma mama, jadi saya bantuin untuk join Zoom acara temu saudaranya yang tersebar di pulau Jawa ini. Jadinya rame pwol. Ada satu tante (adek mama) yang jadi hostnya dan ternyata zoomnya uda premium loh. Jadinya mereka ngobrol ber-12 atau 15 gitu sampai 2 jam nonstop. Buset dah!

Selamat zoom-ing keluarga besar mama dari Jember dan yang tersebar di kota lain. Hehehe...

]]>
<![CDATA[Foto Studio Di Kamar (Efek PSBB)]]>Fri, 22 May 2020 14:33:41 GMThttps://klikrio.com/daily-story/foto-studio-di-kamar-efek-psbb
Surabaya, 22 Mei 2020

Efek PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) apa aja ya? Banyakkkkkkkkk!
Kagak bisa ngopi-ngopi cantik sampai berenang di waterpark ya. Please, cepat selesailah PSBB dengan efek positif yang kau bawa selama 1 bulan lebih ini. 

Si-Ibu WA bilang minta foto studio buat kartu ucapan Idul Fitri ala-ala yang rutin dilakukan setiap tahunnya. Eh tapi kan banyak studio tutup ya, abis gitu kita juga was-was tentang virus di luaran sana. Ya udah, the power of kepepet mari kita sulap kamar saya menjadi studio dadakan. Modalnya cuma dua, ada cahaya matahari atau lampu yang terang banget dan tembok putih atau kain background. 

Eh tapi karena si-Ibu minta ada foto keluarga bareng, tambahin tripod. Beruntung ada DJI-Osmo Mobile 3 jadi foto pakai Iphone + Gimbal Stabilizer ini jadi asik banget. Karena, kita cuma lambaikan tangan langsung jepret tanpa harus ada fotografer lagi.
Yang belum tau apa itu gimbal, cek di sini ya : 
https://tekno.kompas.com/read/2019/08/14/13120047/gimbal-smartphone-dji-osmo-mobile-3-lebih-murah-dan-bisa-dilipat

Hasil foto di atas tadi belum editan ya, cuma dikompres sizenya biar ringan di website.
Salam cekrik-cekrik dari kamar.

]]>
<![CDATA[Review Into the Night Season 1 (Netflix)]]>Thu, 21 May 2020 16:13:20 GMThttps://klikrio.com/daily-story/review-into-the-night-season-1-netflix
Surabaya, 21 Mei 2020.

Bikin tambah panik aja nih Netflix di masa pandemi gini...
Lagi disuruh di rumah terus kayak gini, ya pasti nonton Netflix terus kan ya, eh ada serial macam Into the Night yang ceritain tentang dunia bakalan kiamat kalau kena sinar matahari di hari itu karena efek radiasi yang luar biasa yang bakal mematikan semua yang terpapar. Jadi penumpang pesawat harus pergi ke barat untuk menuju ke malam terus, lawannya adalah matahari terbit. Seru dan deg-degan banget!

Terus menariknya apa ini serial?
+ Setiap episode bakal ngeceritain tentang background dari tiap penumpangnya yang bisa jadi itu karakter manusia di belahan dunia manapun
+ Emosi penonton dimainkan, seru! Bakal ngga bisa menduga mana yang baik dan jahat. Hehehehe...
+ Bikin mikir, abis adegan ini bakal terjadi apa ya. Asik kan?

Eh uda khawatir soal virus, sekarang ditambahin imajinasi tentang sinar matahari. 
Jelas ini fiksi, guys! Semoga tidak akan terjadi. 

Tapi jujur, jadi mikir kalau ceritanya beneran terjadi kayak gitu, kamu bakalan punya plan apa ya?

]]>
<![CDATA[Air Bernyawa Ala Masaru Emoto]]>Wed, 20 May 2020 03:26:24 GMThttps://klikrio.com/daily-story/ternyata-air-itu-bernyawa-ala-masaru-emoto
Picture
Air yang diberi suara musik sesuai judul lagunya dan menghasilkan kristal yang berbeda-beda. Sumber : www.masaru-emoto.net
Picture
Surabaya, 20 Mei 2020.

Sebenarnya postigan tentang air yang bernyawa dari Masaru Emoto ini sudah lama, waktu itu membaca bukunya beliau waktu saya SMA kelas 3, sekitar tahun 2010. Sangat menarik bukunya! Wajib baca, guys.

​Di dalam bukunya, ada inti sari yang saya baca:
1. Air dengan sumber yang sama jika didoakan dengan positif dan baik akan menghasilkan kristal yang sempurna. Sebaliknya jika doa negatif maka hasil kristal jelek.
2. Jika air ada banyak zat atau partikel yang berubah-ubah tergantung dari manusia yang mendoakannya, maka saya yakin semua hal yang ada di dunia ini pasti bernyawa! Saya berpikir jika saya mengendarai mobil, maka saya harus ajak omong dan mendokan mobil yang saya pakai dengan kata-kata positif supaya mobil saya (misalnya) awet, lancar dan tidak celaka. Ya, kan?
3. Apalagi makhluk hidup yang nyata di depan kita, hewan dan tumbuhan saya yakini bernyawa dan harus diajak 'ngomong' positif.
4. Sudah jelas sesama manusia harus berkata dan berpikir saling positif supaya menjadi kristal-kristal baik yang memenuhi dunia.

Sudah memuji dan mendoakan siapa hari ini?

​Salam Happy :)

]]>
<![CDATA[Halal Bi Halal Virtual?]]>Mon, 18 May 2020 12:07:53 GMThttps://klikrio.com/daily-story/apa-bedanya-spirit-pagi-dan-selamat-pagiPicturesumber : https://www.youtube.com/watch?v=i43_c2VhAYw
 Surabaya, 18 Mei 2020.

Buka channel youtube punya sendiri liatin yang diposting tahun lalu tentang Halal Bi Halal di kantor bikin mikir dan sedih juga ya. Tahun ini Halal Bi Halalnya ditunda Desember atau virtual-an dulu deh...

Foto di atas itu salah satu cuplikannya. Tapi saya jadi mikir kalau beneran halal bi halal virtual bisa diadain, kenapa tidak ya?
1. Cara paling gampang pakai Zoom, Google Meet atau WA Group kali ya. Download ya.
2. Tetap kirim makanan dari tuan rumah yang lagi open house dengan cara go-food, grabfood, go-send atau catering online. Atau kalau yang mau tuker-tukeran makanan bisa saling gosend. Emang agak ribet, tapi percayalah pasti jadi senang endingnya. Hehehe..
3. Setelah makanan sampai di waktu yang ditentukan, masing-masing peserta siap ON di apps no 1 tadi.
4. Harus ada MC dan rundown yang ngatur jalannya acara ini loh. Siapin operator yang jago IT, jadi pas jalannya aplikasi bisa setel lagu-lagu Ramadhan biar bisa karaokean bareng atau minimal biar vibesnya kerasa. Harus ada MC, DJ dan Operator. Kayaknya kamu bisa deh merangkap ini semua. Ya, kan?
5. Jangan lupa kalau ada angpao ya tetep ditransfer pakai gopay, ovo atau shoppe pay ya.

Yang no 5 itu penting loh... WAJIB HUKUMNYA buat yang nerima!  :)

]]>
<![CDATA[Oreo Merah x Anggur Merah]]>Sun, 17 May 2020 09:42:55 GMThttps://klikrio.com/daily-story/oreo-merah-x-anggur-merah
Surabaya, 17 Mei 2020

Hayooooo... sudah ada yang coba Oreo Supreme yang viral gara-gara harganya 500ribu cuman dapat 3 biji? Wkwkwkwk tenang dulu guys, ini bukan OREO itu kok, ini OREO MERAH yang bakalan dicemplungin ke Amer (Anggur Merah), hehehe...

Penasaran kayak apa?
Mending jangan play youtubenya, mending langsung ke supermarket terdekat langsung beli Oreo Selection Kaleng, langsung sikattttt yoy! Kalau Amernya cari sendiri di e-commerce terdekat yah, buanyak pwol! :D

Kalau uda coba kasih tau dong komen kalian gimana? komen boleh lah...
Atau jangan-jangan ada tips cara makan oreo lainnya nih, misal dicampur apa gitu ya???

Salam Pujilup! Puter, jilat, celupin! :)
]]>
<![CDATA[Prestasi atau Relasi ?]]>Sat, 16 May 2020 02:06:30 GMThttps://klikrio.com/daily-story/prestasi-atau-relasi
Picture
https://www.freepik.com/premium-vector/family-business-data-analysis-chart-information_4994840.htm
Surabaya, 16 Mei 2020

Prestasi atau Relasi?
Mana yang didahulukan ya dalam bekerja atau berkarya (khususnya di Family Business) ? 
*eh tapi juga ngga hanya di family business loh, di dalam kehidupan nyata sehari - hari juga loh! 

Saya pernah dapat pertanyaan ini ketika masuk dalam sebuah kelas mata kuliah Pengantar Family Business di Magister Manajemen - Universitas Ciputra. Sebagian besar menjawab yang prioritas adalah prestasi karena apa artinya jika tidak berprestasi dalam sebuah pekerjaan. Sebagian lagi menjawab lebih condong ke relasi. Kenapa? Apa artinya juga sudah hebat dalam prestasi eh ternyata hubungan dengan keluarga, teman atau orang lain tidak harmonis.

Yahhhhh, dilema dong ya?
Coba jika hanya meningkatkan relasi saja tanpa prestasi, maka hanya menjadi teman baik. Kalau prestasi saja yang ditingkatkan tanpa relasi ya hanya menjadi teman kerja saja.

Jawabannya memang sesuai dengan situasi dan lingkungan pendukung kita masing-masing. Tetapi pada dasarnya, keduanya harus seimbang antara prestasi dan relasi. Karena saya yakin ketika 2 faktor ini ditingkatkan terus, keduanya juga saling ngefek positif!
Contoh : ketika saya membina hubungan yang baik dengan para client dan juga menaikkan prestasi dengan cara memperbaiki pekerjaan, maka yang didapat sebuah kesuksesan kecil. Dari kesuksesan-kesuksesan kecil menjadi sebuah habit yang baik yang jika dikumpulkan menjadi kesuksesan besar.
]]>
<![CDATA[Tips Sehat 5M Anti Covid-19]]>Thu, 14 May 2020 14:28:32 GMThttps://klikrio.com/daily-story/tips-5m-sehat-anti-covid-19
Picture
sumber : https://www.freepik.com/free-photos-vectors/healthy
Picturesumber : https://megaayunda321.wordpress.com/2018/11/25/6-langkah-mencuci-tangan-dengan-benar/

​Surabaya, 15 Mei 2020.

Itu judul menurut saya ya. Dari mana sumbernya? Dari rangkuman semua yang didengar, dilihat dan dilatih. Iya, dulu saya pernah ikutan beberapa kali pelatihan K3RS ( Kesehatan dan Keselamatan Kerja Rumah Sakit ) di salah satu Rumah Sakit Daerah nomor 1 di Jawa Timur. Hehehe...

Langsung aja, TIPSnya adalah 5M !
1. Mencuci Tangan bahkan Mandi jika merasa perlu.
Mencuci tangan sesering mungkin atau setelah atau sebelum melakukan kegiatan yang menggunakan tangan. Nah cuci tangan ini ternyata ada syaratnya : harus menggunakan air mengalir ( kran / sejenis ) bukan air yang direndam ( kobokan / waskom ), harus memakai sabun cair, dilakukan selama 40 - 60 detik dengan 6 langkah yang benar.

2. Memakai Masker
Masker N95 memang yang terbaik, namun peruntukannya prioritas untuk medis. Sehingga masker kain dapat menjadi altenatif.

3. Menghindari Kerumuman atau Physical Distancing
Beri jarak ruang dengan orang lain ketika di tempat umum sekitar 1 - 2 meter. Jika dimungkinkan memang lebih baik untuk tidak keluar rumah untuk berkumpul atau di tempat ramai kerumunan.

4. Makan Minuman Bergizi
Perbanyak suplemen makanan, seperti vitamin C, B Complex dan multivitamin lainnya. Makanan sehari - hari pun perlu dikontrol. Karena masa pandemi ini harus juga menjaga jam makan dan minum yang teratur.

5. Menyenangkan Hati dan Pikiran :)
Jangan sampai bosan di rumah aja atau bahkan stress. No Way! Senangkan hati Anda dengan melakukan hal yang Anda suka atau hobi, namun syaratnya harus tidak boleh keluar dari rumah. Banyak contohnya, misal memasak menu unik resto yang laris di rumah, jalan - jalan virtual dengan youtube via VR (Virtual Reality ) atau online shopping sebagai pengganti ke mall.

Percayakah kalau semua yang ada saat ini adalah kekuatan pikiran manusia?
Jawabannya YA! Karena 70% adalah kekuatan pikiran manusia.

So, HATI dan PIKIRAN YANG GEMBIRA ADALAH OBAT ! :)


]]>
<![CDATA[Berpikir Minimalis Ala Marie Kondo Jepang]]>Wed, 13 May 2020 17:02:54 GMThttps://klikrio.com/daily-story/berpikir-minimalis-ala-marie-kondo-jepangPicture
Surabaya, 14 Mei 2020.

Gegara nonton Netflix tahun lalu tentang Marie Kondo, jadi langsung sedikit banyak 'mencuci otak' saya tentang barang dan penyimpanannya.

Pada episode awal Marie Kondo di Netflix itu ada poin yang saya tangkap :
- peralatan atau perabotan dan semua barang harus rapi
- beli barang atau perabotan yang seperlunya dan dibutuhkan
- pilah pilih barang mana yang diperlukan dan tidak dipakai
- jika sudah rapi, hati pasti bahagia!

Tips yang paling masih terngiang-ngiang di kepala saya dari Marie Kondo :
"saat proses pilah - pilih barang, misalnya baju - baju di lemari kita. Nah cek satu per satu baju yang ada, kemudian dilihat dan dirasakan baju tersebut, jika membuat Anda bahagia pertahankan, jika membuat Anda biasa atau bahkan tidak bahagia, langsung keluarkan dari lemari dan terserah mau diapakan. Boleh disumbang, dijual bahkan dibuang dengan awalnya terpaksa.

Saya yakin setiap barang punya 'nyawa' dan cerita hidup dari pemiliknya. Tetapi ternyata semakin minimalis barang dan cara menata maka semakin fokus kita tergadap barang yang benar - benar punya 'nyawa' dari cerita hidup Anda.​ Ibaratnya, Anda semakin bisa merawat barang tersebut karena tidak terlalu banyak jumlahnya.  Dengan jumlah minimalis, lebih mudah menata, merawat bahkan memakainya.

Pertanyaan sederhana, mengapa saat kita traveling atau mudik kita bisa hidup dari sebuah koper saja selama 3 hari lebih? Sedangkan dalam kehidupan sehari - hari tidaklah mungkin menyimpan semua baju di koper. Bahkan paling ekstrim ada traveler yang hanya membawa sebuah ransel kemana - mana. 

Jadi hari ini kamar sudah rapi? :D

]]>
<![CDATA[2020]]>Tue, 12 May 2020 17:00:16 GMThttps://klikrio.com/daily-story/2020Selasa, 12 Mei 2020.

Ini tulisan pertama setelah memperbarui website ini.
Awalnya website ini dibuat untuk keperluan bisnis, sekarang uda pindah ke www.pastihappy.com . Jadi sekarang klikrio.com buat tempat berbagi ide dan pendapat yuk!

Mari sebarkan kebaikan dan semangat positif bersama! :)]]>